Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jepara Gelar Evaluasi Kinerja

Jepara.bawaslu.go.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jepara menggelar rapat Evaluasi kinerja selama pelaksanaan pemilu 2019 di Gecho in Country, Kecapi, Tahunan Jepara (26/6).

Kegiatan dilakukan untuk mendata permasalahan pemilu 2019 dan merumuskan solusi pada pemilu selanjutnya. Kegiatan dihadiri seluruh Komisioner Bawaslu Jepara beserta jajaran Panwascam se-Jepara.

“Kami koreksi kekurangan dan permasalahan apa saja yang ada pada semua tahapan pemilu 2019. Permasalahan yang belum bisa teratasi, celah aturan yang masih bisa dilanggar peserta pemilu, atau penerapan yang kurang sesuai kita coba beri catatan. Dengan begitu bisa dijadikan bahan untuk perbaikan kinerja di pemilu 2019.” Kata Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko.

Sujiantoko mengatakan seluruh Panwascam sudah bekerja ekstra keras pada perhelatan pemilu kali ini. Walau begitu ada catatan-catatan yang perlu menjadi bahan perbaikan.

“Panwascam kami beri form terkait permasalahan beserta solusi apa saja terhadap semua kegiatan, baik itu pengawasan, Pencegahan, Penindakan, Pengelolaan Keuangan, sampai kinerja SDM dan kelembagaan. Catatan ini sangat penting untuk bahan perbaikan yang akan kami sampaikan juga ke Bawaslu Provinsi Jawa Tengah” ungkapnya.

Suji meneruskan, pemilu kali ini adalah pemilu yang unik dan pertama kali dilaksanakan secara serentak. Menurutnya belum tentu pemilu serentak seperti ini terulang pada pemilu selanjutnya. “Untuk itu bisa menjadi acuan apa saja kekurangannya, apa kelebihannya, tindakan yang lebih baik, efektif, dan efisien perlu direkomendasikan ke pusat” paparnya.

Komisioner Divisi SDM, Abd. Kalim juga menjelaskan pentingnya melakukan Evaluasi. Ia menuturkan Kabupaten Jepara terbagi menjadi wilayah yang berbeda beda geografis dan kultur budaya, sehingga jenis masalah dan penanganannya berbeda.

“Orang pesisir dengan orang gunung tentu permasalahannya berbeda. Perlunya kita menambah perbendaharaan peristiwa beserta penanganannya akan memperbaiki kinerja dan sumber daya di dalam organisasi Bawaslu.” Kata Kalim.

Terakhir Abd Kalim mengapresiasi segenap Panwascam yang sudah bekerja secara maksimal pada semua tahapan. “Teman teman sudah bekerja semaksimal Tentu kami apresiasi, akan kami berikan penghargaan kepada Kecamatan yang kerjanya bagus, yaitu besok pada acara Evaluasi Keuangan di hotel Dseason. Semoga dengan forum ini, kinerja di pemilu selanjutnya jauh lebih baik” pungkasnya. (F2@/HumasBawasluJepara)

Tag
Berita