Lompat ke isi utama

Berita

Alumni SKPP Ingin Turut Andil dalam Pendidikan dan Pengawasan

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring Tahun 2020 ingin ikut berpartispasi dalam suksesi program pendidikan dan pengawasan Bawaslu Jepara. Keinginan ini disampaikan saat perwakilan alumni SKPP komunikasi dengan Bawaslu Jepara, Senin (11/1). Bertempat di Pojok Pengawasan Bawaslu komunikasi dihadiri Hamam Nasirudin, Mimin Labiqotin dan Asep Rojudin dari Alumni SKPP dan Abd. Kalim serta Kunjarianto dari Bawaslu Jepara

Dalam pertemuan siang itu alumni SKPP merencanakan akan membuat skruktur organisasi alumni tingkat cabang. Hal ini akan berguna untuk mengorganisasi para alumni agar ternaungi sebagai satu organisasi. Ketiganya menyampaikan rencana awal pembentukan keorganisasian alumni dan beberapa hal terkait dengan pandangan teknis mereka. Kedatangan trio alumni SKPP Jawa Tengah ini juga dalam rangka memita konsultasi dengan Bawaslu Jepara.

“Kami ingin membentuk keorganisasian alumni SKPP Tahun 2020 sebagai wadah untuk partisipasi lulusan dalam upaya suksesi pendidikan dan pengawasan Bawaslu Jepara,” kata Hamam.

Mereka juga menyampaikan saat pembelajaran SKPP Jawa Tengah bahwa diharapkan alumni dapat melakukan partisipasi dalam upaya Bawaslu Jepara dalam pendidikan partisipatif dan pengawasan Pilkada. Terlebih hal ini akan berguna jika wacana Pilkada Jepara mulai dilaksanakan pada tahun 2021.

Baca Juga: Bawaslu Jepara Raih Penghargaan Dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah

Komisioner Bawaslu Jepara divisi SDM dan Organisasi Abd. Kalim memberikan apresiasi atas inisiatif alumni dalam rangka ikut serta dalam pendidikan dan pengawasan partisipatif Bawaslu Jepara. Disadari kehadiran pengawas partisipatif merupakan hal yang penting dalam suksesi pengawasan.

“Pengawas partisipatif merupakan hal tidak terpisahkan dari Bawaslu, inisiatif ini sangat bagus dan kita akan fasilitiasi,” kata Abd. Kalim.

Namun begitu Abd. Kalim melanjutkan semua rencana dan program kami singkronkan dan konsultasikan terlebih dahulu dengan rencana anggaran dan rencana kebijakan Bawaslu Jepara pada tahun 2021. Intinya pihaknya akan mengusahakan agar alumni SKPP ternaungi dan semakin banyak pengawas partisipatif di kabupaten Jepara.

Sementara itu Kunjarianto menyampaikan semakin banyak yang berperan aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif akan meminimalisasi terhadap potensi pelanggaran. Partisipasi ini memang diharapkan berasal dari alumni SKPP karena telah memperoleh bekal pendidikan kepengawasan dari Bawaslu.

"Semakin banyak pengawasan semakin sedikit potensi pelanggaran," kata Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jepara itu. (Shol/Humas Bawaslu Jepara)

Tag
Berita