Lompat ke isi utama

Berita

Apa Saja Peran Pendidikan Politik Bagi Masyarakat?

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara  berikan pendidikan politik kepada masyarakat (1/9/2021). Kegiatan yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jepara, bertempat di Gedung KPRI Setia Kawan Bendan Pete Kecamatan Nalumsari. Kegiatan ini di ikuti oleh perwakilan masyarakat di wilayah Kecamatan Nalumsari.

Kunjariyanto, Anggota Bawaslu Jepara mengatakan pendidikan politik sangat penting bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan pendidikan politik dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat , serta dapat memaksimalkan partisipasi aktif  masyarakat dalam berpolitik. Berpolitik ini tidak hanya terbatas dalam hajatan Pemilu ataupun Pilkada saja, akan tetapi dalam arti yang lebih luas.

Baca Juga : Dua Desa Anti Politik Uang Calon Mitra Bawaslu Siap di Resmikan

Lebih lanjut, Kunjariyanto menjelaskan bahwa peran pendidikan politik bagi masyarakat  diantaranya adalah dapat membentuk masyarakat yang mandiri dan kritis, mendorong masyarakat yang sadar politik, serta meminimalkan konflik di tengah masyarakat.

Sementara itu Lukito Sudi Asmara Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jepara, menyatakan bahwa diselenggarakannya pendidikan politik kepada masyarakat bertujuan agar masyarakat sadar politik.

“Kegiatan ini rutin di laksanakan setiap tahun agar masyarakat melek politik”, tutur Lukito (han).

Tag
Berita