Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jepara Perkuat Pengawasan dalam Pilkada, Libatkan Masyarakat Secara Aktif

Foto bersama pada kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 bertempat di Resto Eat & Meet Jepara, Senin (19/8/2024)

Foto bersama pada kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 bertempat di Resto Eat & Meet Jepara, Senin (19/8/2024)

Bawaslu Jepara - Dalam upaya mewujudkan Pemilihan yang demokratis dan berintegritas, Bawaslu Kabupaten Jepara terus meningkatkan pengawasan terhadap seluruh proses tahapan penyelenggaraan Pemilihan dan menyiapkan berbagai strategi pengawasan. Hal ini disampaikan oleh anggota Bawaslu Jepara, Ali Purnomo, saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral bertempat di Resto Eat & Meet Jepara, Senin (19/8/2024).

Ali menjelaskan bahwa pengawasan Bawaslu tidak hanya terbatas pada tahapan-tahapan formal Pemilihan, namun juga mencakup non tahapan yang berpotensi mempengaruhi pelaksanaan Pemilihan. "Kami berkomitmen untuk mengawasi seluruh proses secara menyeluruh dan objektif," ujarnya.

Pengawasan yang dilakukan Bawaslu  Jepara meliputi identifikasi kerawanan di setiap tahapan pemilihan, pencegahan pelanggaran, penanganan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa. Selain itu, Bawaslu juga akan mengoptimalkan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemantau pemilu, media massa, dan masyarakat.

Selain melakukan pengawasan secara langsung, Bawaslu juga proaktif dalam melakukan upaya pencegahan. "Kami memberikan imbauan dan saran perbaikan kepada penyelenggara pemilu agar proses penyelenggaraan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," tambah Ali.

Untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, Bawaslu juga mendorong partisipasi aktif masyarakat. Melalui program pendidikan dan sosialisasi, Bawaslu berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan pemilu. Selain itu, Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk terlibat langsung dalam pengawasan melalui mekanisme pengawasan partisipatif.

Ali Purnomo, menegaskan pentingnya peran masyarakat dalam mewujudkan pemilu yang bersih dan adil. 

"Pengawasan partisipatif merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan pemilu,” ujar Ali. “Kami berharap masyarakat dapat aktif melaporkan setiap dugaan pelanggaran yang ditemukan." dan di sesi terakhir dalam penyampaikan materi mengajak kepada ASN, Polri, TNI selalu menjaga netralitasnya untuk mewujudkan pemilihan luber dan jurdil.

Penulis : HN 

Editor : Humas Bawaslu Jepara