Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jepara Rekomendasi Hitung Ulang Puluhan TPS

Bawaslu Jepara mencatat sebanyak 56 penghitungan ulang  surat suara dengan membuka kotak suara pada proses tahapan rekapitulai di tingkat kecamatan. Hal itu lantaran Panwaslu Kecamatan merekomendasikan hitung ulang kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak 18-27 April 2019 yang tersebar di 13 Kecamatan Se- Kabupaten Jepara. Praktis hanya 3 kecamatan yang tidak melakukan rekomendasi penghitungan ulang yaitu Kedung, Keling dan Karimun Jawa

 “Perubahan jumlah data yang terjadi direkapitulasi tingkat kecamatan disebabkan oleh salah tulis pada C1 Salinan yang diberikan KPPS ke pengawas dan saksi. Selain itu Saksi mempermasalahkan perubahan data C1 yang berubah menjadi DAA tidak sesuai untuk membuktikan kesesuaian, Pengawas sarankan dilakukan penghitungan ulang” kata Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko

Sujiantoko meneruskan pada Pemilu Tahun 2019 kali ini terjadi banyak hitung ulang yang disebabkan lamanya proses penghitungan di tingkatan TPS sehingga mempengaruhi human error dari KPPS. Adapun data penghitungan ulang  surat suara terbanyak ada di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Kembang, Pakis Aji dan Pecangaan dengan Jumlah 8 kali.

“Walaupun banyak terjadi hitung ulang, proses rekapitulasi di kecamatan berjalan dengan baik dan kondusif” tambahnya

Dalam proses rekapitulasi, Bawaslu Jepara dan Panwasl;u Kecamatan se- Jepara melakukan koreksi penghitungan menggunakan template excel yang dibuat Bawaslu sendiri sehingga ketika ada salah tulis atau salah input saat rekapitulasi pengawas dapat mengetahuinya.

Setelah rekapitulasi di tingkat kecamatan proses selanjutnya Bawaslu Jepara akan melakukan pengawasan rekapitulasi di tingkatan kabupaten. Sujiantoko berharap semua pihak bisa mengikuti semua tahapan sesuai prosedur.

“Semua permasalahan sudah kami tuliskan dalam catatan kejadian khusus, itu menjadi bekal kami untuk melaksanakan rekapitulasi di tingkat kabupaten nantinya. Kita semua berharap proses ini berjalan dengan lancar dan sesuai aturan”, pungkasnya. (Kinan)

Tag
Berita