Lompat ke isi utama

Berita

Difabel Rawan Jadi Obyek Kecurangan Pemilu

jepara.bawaslu.go.id-Bawaslu Kabupaten Jepara gelar Sosialisai Partisipatif dengan komuitas Difabel di Jepara di RM Maribu Senin (8/4). Sosialisasi dilaksanakan untuk memberi pemahaman pada masyarakat difabel tentang pentingnya pengawasan pemilu untuk menghindari pelanggaran.

“Komunitas Difabel sebagai bagian dari masyarakat juga peserta pemilu, diharapkan bisa memberikan bentuk partisipasi aktif, ikut mengawasi dan melaporkan serta ikut proaktif dalam mengawasi jalannya pemilihan umum 2019”. Ucap Sujiantoko selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Jepara dalam sambutannya.

Selain itu Komisioner Divisi penindakan, Kunjariyanto mengatakan masyarakat difabel memiliki peran sentral dalam membantu Bawaslu mengawasi jalannya pemilu. Ia mengatakan, kelompok Difabel rawan menjadi obyek pelanggaran pemilu, sehingga Bawaslu mengajak untuk pro aktif melapor apabila dimanfaatkan pihak tertentu.

 “Adapun kerawanan yang bisa saja terjadi adalah money politik, memilih dengan dalih membantu pemilih difabel, mobilisasi pemilih difabel saat di tps, serta kecurangan lain. Untuk itu kami mengajak semua untuk pro aktif melapor apabila merasa dicurangi” imbuhnya.

“Masyarakat difabel diharapkan dapat mendorong perluasan wilayah pengawasan dan turut serta membantu Bawaslu dalam menciptakan Hajat Pemilu yang berintegritas, bermartabat, dan bersih.” paparnya.

Kunjariyanto menambahkan, Difabel sebagai bagian dari masyarakat memiliki hak yang sama dalam hal memilih. Sehingga mereka harus memastikan fasilitas dalam memilih benar benar terpenuhi. “Kami sebagai penyelenggara bersama KPU akan menjamin kebutuhan memilih difabel terpenuhi . mereka secara undang undang  memiliki hak yang sama dalam memilih maupun mengawasi” pungkasnya.

Sama seperti Sosialisasi pengawasan sebelumnya, peserta diberikan pemahaman lebih jauh tentang tugas peran dari Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu serta mengajak peserta untuk ikut mengawasi jalannya pemilihan umum sehingga dapat tercipta pemilu yang sehat, bermartabat, dan bersih di Kabupaten Jepara.

 Acara tersebut dihadiri komisioner Bawaslu Jepara divisi penindakan, Kunjarianto, komisioner divisi Hukum, Arifin, divisi SDM, Abd Kalim serta puluhan difabel yang terhimpun dari beberapa komunitas difabel di Jepara.

Tag
Berita