Lompat ke isi utama

Berita

Kibarkan Bendera, Peringati Sumpah Pemuda

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Jepara menggelar upacara pengibaran bendera memperingati hari sumpah pemuda, Senin (28/10). Acara digelar di halaman kantor Bawaslu dan diikuti segenap komisioner beserta staf.

Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko yang menjadi pembina Upacara membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Pidato tersebut mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Pidato itu membahas peran serta pemuda dalam pembangunan bangsa, serta mengingatkan agar pemuda tidak terkungkung dengan masa lalu, tetapi menatap masa depan dengan cerah.

“Tema ini diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju” ucap Sujiantoko.

“Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini. Tetapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, hingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan” tambahnya.

Upacara berjalan dengan khidmad dengan mengibarkan sang saka merah putih. Peserta juga mengikrarkan teks Pancasila, sumpah pemuda, serta menyanyikan lagu tentang Nasionalisme “Satu Nusa”.

“Momen ini menjadi pengingat perjuangan para pemuda, para pahlawan untuk membangun negeri ini. Apalagi mayoritas pegawai Bawaslu adalah pemuda, mereka yang akan meneruskan tali estafet yang telah terbangun. Kerja-kerja Bawaslu tak lepas dari pembangunan, yakni membangun kualitas demokrasi jadi lebih baik”

“Semoga dengan upacara kali ini bisa menumbuhkan jiwa Nasionalisme para pemuda terutama yang ada di Bawaslu.” Tandasnya.

(Faruq/HumasBawasluJepara)

Tag
Berita