Lompat ke isi utama

Berita

Konsolidasikan Kebijakan, Perkuat Langkah Pengawasan

Jeparabawaslu.go.id - Bawaslu Jepara melakukan konsolidasi kebijakan bersama Panwaslu Kecamatan se-Jepara, Senin (15/5). Bertempat di aula Ono Joglo Bandengan, kegiatan ini merupakan langkah Bawaslu dalam menguatkan langkah pengawasan tahapan pemilu.

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengatakan hari ini pengawas pemilu melakukan pengawasan dalam tahapan pemutakhiran daftar pemilih, pendaftaran pencalonan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara dan pengawasan lain yang diamanatkan perundang-undangan. Hal tersebut perlu dikonsolidasikan untuk menyamakan persepsi agar pengawasan berjalan dengan baik.

"Konsolidasi untuk memberikan pemahaman yang sama dalam melakukan pengawasan Panwaslu kecamatan," ungkap Sujiantoko.

Baca Juga : Pentingnya Pengelolaan Layanan Hukum di Lingkungan Bawaslu

Sujiantoko mengintruksikan pengawas melakukan pencermatan daftar pemilih dan melakukan penelusuran pada bakal calon DPRD Jepara. Data ini akan dijadikan pengawas untuk memetakan perihal pengawasan yang dilakukan. Ia meneruskan agar pengawas desa agar melakukan pencegahan sejak dini potensi pelanggaran. Pengawas diminta untuk melakukan monitoring terhadap kegiatan-kegitan yang berpotensi kampanye. Hal dilakukan dengan berkoordinasi dengan Babinsa, Babinkamtibmas atau Intelkam di masing masing tingkatan.

Konsolidasi ini menghadirkan pemateri Ahmad Jukari. Ia mendiskusikan tentang strategi kebijakan internal Bawaslu kabupaten. Terdapat 3 hal yang penting dalam strategi pengawasan, pertama memahami potensi pelanggaran, memahami budaya demokrasi, memahami prosedur pemilu dan tata kerja penyelenggara pemilu.

Baca Juga : Resiko Masyakat Tak Awasi Pemilu, M. Zarkoni: Berani Tolak Politik Uang dan Cerdas Memilih

"Perlu ada inventarisasi problem kemudian kita menentukan langkah strategis," tutur mantan tenaga ahli Bawaslu RI itu.

Akademisi UIN Walisongo Muh. Saekhan Muchid juga hadir memberikan materi. Ia membicarakan tentang problematika pengawasan. Keduanya memberikan wacana untuk memperkuat pengawasan di Jepara.

(MS/Humas Bawaslu Jepara)

Tag
Berita