Lompat ke isi utama

Berita

Koordinasi Data Sebagai Langkah Pencegahan Bawaslu

Jepara.bawaslu.go.id - Bawaslu Jepara lakukan koordinasi dengan Panwaslu Kecamatan se-Jepara di gedung B sekretariat, Senin (3/3). Hal ini untuk memperoleh informasi pasca pengawasan rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di tingkat Kecamatan.

Hadir ketua, anggota dan sekretariat Bawaslu Jepara. Hadir pula anggota KPU Jepara Muntoko, ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan se-Jepara.

Anggota Bawaslu Jepara Arifin mengatakan meski Bawaslu Jepara telah melakukan monitoring pengawasan saat rapat terbuka pleno DPHP, namun Bawaslu perlu sinkronisasi data dengan Panwaslu Kecamatan. Hal ini dapat diketahui melalui berita acara DPHP yang dimiliki oleh Panwaslu Kecamatan.

Baca Juga : Patroli Pengawasan Bawaslu, Pastikan Ex-Penderita Kusta Terdaftar Sebagai Pemilih

"Berita acara akan kami rekap sebagai bahan saat rapat dengan KPU sebagai langkah pencegahan," jelas Arifin.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat ini menambahkan berita acara yang diperoleh Panwaslu Kecamatan tidak boleh dirubah. Perubahan BA harus melalui pleno di KPU, sehingga perlu ia pastikan. Pada proses pleno di kecamatan terdapat perubahan yang musti diperhatikan. Hal ini penting guna untuk mencegah terjadi kesalahan data.

Dalam rapat ini masing-masing kecamatan menyampaikan hasil pengawasan ditingkatan PPK yang telah dilakukan. Kemudian membahas permasalahan dan rekomendasi permasalahan yang belum selesai ditingkat kecamatan untuk dibawa dalam rapat pleno tingkat KPU Kabupaten jika ada.

Baca Juga : Bawaslu Berharap Masyarakat Kawal Hak Pilih

Sementara Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengatakan dalam hal persiapan rekapitulasi ditingkatan kabupaten, Bawaslu Jepara membutuhkan data. Termasuk data perubahan - perubahan yang terjadi saat proses pleno di kecamatan masing-masing.

"Bawaslu mempersiapkan data sebelum rapat pleno ditingkatan kabupaten," ungkap Sujiantoko.

(MS/Humas Bawaslu Jepara)

Tag
Berita