Lompat ke isi utama

Berita

Momen Spesial, Bawaslu Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Momentum Kesaktian Pancasila Bawaslu Jepara Gelar Deklarasi Pemilu Damai pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.  Bertempat di Pendopo Kabupaten Jepara, deklarasi ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil BUpati  Jepara Kajari, Polres, Kodim, KPU, Ketua DPRD, pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas dan OPD terkait (1/10/18).

“Kami berharap dengan adanya deklarasi ini kita berkomitmen agar Pemilu berjalan baik guna mewujudkan Pemilu Damai, Bersih dan Bermartabat” kata Sujiantoko dalam sambutan sekaigus membuka acara.

Ketua Bawaslu Jepara itu juga menyampaikan agar steakholder yang hadir terutama partai politik peserta Pemilu Tahun 2019 agar bersama-sama menjaga kondusifitas, politisasi sara, berita hoax dan terutama tidak melakukan money politik dalam bentuk apapun.

Gelaran Deklarasi  pemilu damai ini diisi dengan Orasi dari beberapa Steakholder yaitu KPU Jepara Polres Jepara, Dandim 0719 Jepara serta Bupati  Jepara.

 Pada kesempatan pertama orasi dari Ketua KPU Jepara haidar Fitri ia mengatakan pada bakal calon yang mendaftar ke KPU sebanyak 14 partai politik. Dari 14 Partai politik KPU Jepara akhirnya menetapkan 545 orang dalam DCT yang akan mengikuti pemilihan anggota DPRD pada Pemilu 2019.

“ Jika dulu ada ada istilah grup neraka di Dapil tertentu, namun sekarang setiap dapil Neraka semua. Maka dari itu butuh  air atau es untuk dapat menjaga agar pemilu berjalan dengan damai” Kata Ketua yang sebentar lagi akan purna itu.

Sementara itu  Kapolres Jepara Yudianto juga menyampaikan orasi pada kesepatan yang kedua ia mengatakan tugas pengamanan merupakan tugas kepolisian dalam menjaga agar Pemilu berjalan dengan aman.

“ kami menghimbau agar menjalankan tahapan pemilu sesuai dengan aturan” kata Yudianto

Sejalan dengan apa yang disampaikan orator sebelumnya Dandim 0917 juga menyampaikan agar  menggunakan ketokohan untuk menetralisir setiap kegiatan

“TNI-Polri bertugas sebagai stabilator dan cooler saat keadaan panas, jangan ada ujaran fitnah di antara calon dan jangan jadikan masyarakat jadikan korban politik” ucap Kepala Dandim 0917

Terahir orasi dari Bupati Jepara Marzuki  ia menjajak agar semua pihak terutama partai politik, masa lalu harus kita kubur rapat. Kemudian meningkatkan kesadaran politik yang tinggi  guna mewujudkan Pemilu 2019 yang damai

“Genderang kampanye telah di tabuh, monggo ternal masing masing calon diharapkan mengedepankan perang program” kata Marzuki

Setelah Penyampaian orasi dilanjut dengan Deklarasi peserta terutama Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2019. Dipimpin oleh Perwakilan Ketua DPR  Jepara para peserta berucap ikrar yaitu

DEKLARASI PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

“BERSIH DAN BERMARTABAT”

Kami, Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019 beserta Tim Kampanye dan Para Pendukung, dengan Semangat Persatuan dan Persaudaraan, berjanji kepada masyarakat Jawa Tengah untuk :

  1. Menjunjung tinggi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Siap menciptakan Pemilihan Umum Tahun 2019, yang Bersih dan Bermartabat.
  3. Tidak akan menggunakan politik uang, menyebarkan fitnah, berita bohong dan menggunakan isu SARA.
  4. Tunduk dan patuh terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Menyampaikan isi deklarasi kepada seluruh Calon Legislatif di semua DAPIL Partai Politik kami, Calon Perseorangan Anggota DPD, Tim Kampanye dan pendukung pasangan calon untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Acara ditutup dengan penandatangan deklarsi pada Backround yang telah disediakan sekaligus foto bersama.

Tag
Berita