Lompat ke isi utama

Berita

Petinggi Desa Sidigede : Baik! Desa Kami Siap Jadi Mitra Selanjutnya Bawaslu Jepara

Jepara, Badan Pengawasan Pemilihan Umum – Kepala Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara mengungkapkan bahwa desanya siap dijadikan desa pengawasan selanjutnya oleh Bawaslu Jepara. Ungkapan tersebut dinyatakan langsung di Balai desa Sidigede pada Senin (14/3) yang pada saat itu juga hadir rombongan Bawaslu Jepara yaitu Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, dua Anggota Bawaslu Jepara Abd. Kalim dan Kunjariyanto serta staf yang mendampingi guna melakukan koordinasi.

Ketua Bawaslu Jepara mengatakan bahwa Bawaslu Jepara masih punya agenda pembentukan desa pengembangan salah satunya adalah Desa Pengawasan Pemilu. Ia juga menerangkan alasannya kenapa pada akhirnya memilih Desa Sidigede Kecamatan Welahan tersebut patut dijuluki sebagai desa pengawasan pemilu.

Baca Juga : Pentingnya Mediasi dalam Penyelesaian Sengketa Pemilu

“Alasan kami memilih Sidigede sebagai Desa Pengawasan ialah bahwa sebelumnya sudah pernah terdapat kader pengawas di Desa ini, maka nantinya Bawaslu Jepara dan Desa Sidigede bisa dengan mudah menjalin kerja sama dalam pengawasan partisipatif dan agenda kepemiluan yang lainnya,” kata Pak Suji panggilan akrabnya.

Sujiantoko juga menerangkan perihal pasca diresmikannya Desa Pengawasan maka akan dilanjutkan dengan pembinaan terhadap desa tersebut mengenai persoalan pengawasan terhadap tahapan pemilu yang akan datang.

“Peresmian Desa Pengawasan ini bukan semata-mata setelah peresmian selesai tidak, melainkan agenda kami selanjutnya ialah melakukan pembinaan terhadap desa-desa tersebut terkait pengawasan kepemiluan," Pungkasnya.

Selain Ketua Bawaslu, Anggota Bawaslu Abd. Kalim juga memberikan informasi mengenai tahapan kegiatan peresmian nantinya, bahwa tentang konsep dan waktunya bisa dikoordinasikan lebih lanjut.

Baca Juga : Tingkatkan Informasi, Bawaslu Jepara Adakan Pelatihan Menulis untuk Jajaran

Sedangkan tanggapan dari Kepala Desa Sidigede sendiri menyatakan siap dan pada intinya menerima apabila Desanya di resmikan sebagai Desa Pengawasan Pemilu oleh Bawaslu Jepara.

Selain Abdul Hakim sebagai petinggi Desa Sidigede, hadir juga Carik Desa Sidigede yaitu Amin makruf yang juga turut memberikan tanggapannya bahwa ini adalah keuntungan bagi warga Desa Sidigede yang nantinya akan mendapatkan ilmu terkait pengawasan pemilu.

(Dian/Staf Bawaslu Jepara)
Tag
Berita