Lompat ke isi utama

Berita

Refleksi 2020, Bawaslu Jepara Evaluasi Kinerja

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara menggelar Rapat Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2020 di kantor Sekretariat Bawaslu, Kamis (31/12). Rapat bertujuan untuk pemantauan dan evaluasi capaian indikator kinerja lembaga pada tahun 2020. Selain itu juga memberikan gambaran pelaksanaan program dan kegiatan di lingkup Sekretariat Bawaslu Jepara.

"Kita evaluasi setiap divisi untuk mengetahui mana yang baik, mana kekurangan dan bagaimana capaiannya," kata Abd. Kalim.

Hadir dalam rapat 5 Komisioner Bawaslu yakni Sujiantoko (Kordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga), Abd. Kalim (Kordiv. Sumber Daya Manusia dan Organisasi), Arifin (Kordiv. Hukum, Humas, Data dan Informasi), M. Zarkoni (Kordiv. Penyelesaian Sengketa) dan Kunjariyanto (Kordiv. Penanganan Pelanggaran). Hadir juga jajaran sekretariat staf baik dari unsur PNS maupun non PNS.

Kalim menambahkan beberapa hal yang kurang baik akan diperbaiki dan yang sudah baik perlu untuk ditingkatkan. Soal SDM, kedisiplinan, kerjasama tim, menyelesaikan tugas tepat waktu menurut kami sudah baik, meski sudah baik. Tim yang baik memiliki kemampuan yang berbeda disatukan untuk memperoleh hasil yang baik. Meski demikian kita perlu meningkatkan kompetensi dibidang hukum, penanganan pelanggaran dan penyelesaian.

“Peningkatan kompetensi penting terlebih saat menghadapi Pilkada Bawaslu Jepara dituntut untuk menjalankan tugas dan kewenangannya secara profesional,” tambah Kalim.

Sementara itu Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengatakan pada tahun 2020 Bawaslu Jepara sudah merencanakan banyak program. Namun akibat pandemi corona kegiatan tersebut beberapa terkendala. Selain itu pemotongan anggaran yang signifikan sehingga banyak kegiatan harus dibatalkan misalnya sosialisasi dengan desa binaan. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat Bawaslu Jepara dalam memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat. Bawaslu Jepara mengambil langkah optimalisasi sosialisasi dengan media online maupun media cetak.

Capaian tahun 2020, Bawaslu Jepara telah mendapatkan penghargaan kategori lembaga publik menuju informatif dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan ini merupakan prestasi yang baik sehingga pada tahun 2021 perlu dipertahankan dan ditingkatkan melalui peningkatan publikasi, dokumentasi data dan pelayanan masyarakat.

“Terima kasih Bawaslu Jepara penghargaan menuju informatif. Tentu perlu kita pertahankan dan tingkatkan tahun 2021 kita target menuju informatif,” kata Sujiantoko.

Setelah evaluasi acara disambung dengan penyampaian usulan dan rekomendasi untuk menentukan langkah strategis dalam menghadapi tahun 2021. Rapat selesai diakhiri dengan berdoa bersama.

(Shol/Humas Bawaslu Jepara)

Tag
Berita