Lompat ke isi utama

Berita

Staf Bawaslu Jepara Juara 1 Lomba Video Pendek Nasional

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Salah satu staf teknis Bawaslu Kabupaten Jepara, Faruq Fahmi Rubeka berhasil menjadi pemenang short movie competition yang di selenggarakan Bawaslu RI. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada (10/8/22) melalui akun Instagram Bawaslu RI.

Faruq Fahmi Rubeka, staf divisi kehumasan sebagai pemenang berkesempatan mendapatkan 1 buah kamera DJI dan diundang menghadiri acara IYD 2022 di Jakarta.

Lomba tersebut diselenggarakan Bawaslu RI bekerja sama dengan Department of foreign affairs and Trade Australian Goverment (DFAT). Kegiatan ini diselenggarakan tingkat nasional dalam rangka Peringatan Hari Pemuda Internasional.

Kompetisi tersebut dibuka sejak tanggal 30 Juli hingga 7 Agustus 2022 sebagai batas waktu pengumpulan karya dengan diikuti masyarakat umum. Lomba mengusung Tema "Membangun Kesadaran Generasi Muda untuk Terlibat dalam Pengawasan Pemilu".

Baca Juga : Bawaslu Kabupaten Jepara Jalin Sinergitas dengan Polres Jepara

Peserta diminta mengunggah video pendek yang dibuat dengan format rells ke instagram serta nge tag @bawasluri. Batas durasi video tersebut selama 2.20 menit.

Menanggapi hal tersebut Abdul Ghofur selaku koordinator kesekretariat Bawaslu Jepara menyampaikan rasa bangga dengan keberhasilan Faruq menjadi pemenang dalam lomba video pendek yang diselenggarakan Bawaslu RI. Hal itu menjadi point penting untuk meningkatkan sosialisasi kepada kalangan pemuda pemudi dalam partisipasi Pemilu dan Pemilukada tahun 2024.

"Semoga terus berkreasi dan berinovasi untuk Bawaslu," tambahnya.

Sementara itu, Faruq Fahmi mengatakan awalnya ia tidak percaya dipilih menjadi pemenang, sebab ia meyakini banyak konten yang lebih bagus dibanding yang ia buat.

"Awalnya ya kaget. Karena kontennya dibuat dengan alat seadanya, talent yang dibayar dengan sistem rodi, dan diedit dengan waktu yang sesingkat singkatnya," terangnya sambil terkekeh.

Tetapi ia menambahkan, peserta yang membuat video dibalut komedi jumlahnya cuma sedikit. Menurutnya, pesan pesan pengawasan Pemilu akan lebih diminati pemuda apabila mengandung unsur humor dan ringan kontennya.

Baca Juga : Bawaslu Jepara Bentuk Tim Pengawasan pada Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik

"Sekarang ini anak muda sukanya yang simpel simpel. Mereka kebanyakan melihat simbol simbol saja. Misal aturan terkait politik uang, bila disajikan berupa pasal pasal, pasti tidak menarik. Berbeda apabila disajikan dengan simbol atau gerakan, jadi lebih mudah diingat," paparnya.

Setelah terpilih sebagai pemenang Faruq akan menghadiri diskusi International Youth Day 2022 yang berlokasi di Hotel Shangri La pada (12/8/22). Kegiatan ini bertujuan membangkitkan minat anak muda dalam dunia politik dan pengawasan Pemilu serta meningkatkan jejaring antar organisasi kepemudaan.

(Humas Bawaslu Jepara)
Tag
Berita