Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Soliditas, Ini Langkah Bawaslu Jepara

Jepara.bawaslu.go.id - Bawaslu Jepara selenggarakan Rapat Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024, di d'Season Bandengan, Senin (12/12/2022). Bertemakan "Langkah Strategis Penguatan Lembaga Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pada Akhir Tahun 2024" kegiatan itu guna menguatkan soliditas antar ketua, anggota dan sekretariat Panwaslu Kecamatan se- Sekabupaten Jepara.

Hadir Ketua, anggota dan Sekretariat Bawaslu Jepara. Hadir juga Ketua, anggota dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Jepara. Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko menyerukan kepada seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan untuk selalu menjaga kode etik serta melaksanakan tugas-tugas pengawasan secara profesional.

"Mari kita bersama-sama menjalankan tugas-tugas mengawal demokrasi ini secara profesional dan senantiasa menjaga kode etik di dalam menjalankan tugas," kata Sujiantoko.

Baca Juga : Pemda Punya Peran Suksesi Pemilu, Ini Kata Sekda Jepara

Ia menambahkan, dalam menjalankan tugas kelembagaan panwascam diminta menciptakan pola hubungan kerja secara kolektif kolegial. Selain itu ia meminta Panwaslu Kecamatan untuk selalu memegang teguh komitmen dan integritas sebagai penyelengara Pemilu.

"Sebagai penyelenggara Pemilu kita harus memiliki komitmen tinggi terhadap lembaga serta berintegritas dalam setiap langkah melaksanakan tugas," ungkap Sujiantoko.

Ia mengucapkan terimah kasih atas fasilitasi pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan sekretariat dan kantor kepada Panwaslu Kecamatan. Sujiantoko berharap agar Panwaslu kecamatan dapat memanfaatkan fasilitasi yang diberikan tersebut secara baik dengan menjaga dan merawatnya.

"Terimah kasih kami sampaikan atas fasilitasi sekretariat dan kantor yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara untuk menunjang suksesnya pengawasan Pemilu di Jepara," kata Sujiantoko.

Dalam kegiatan ini Bawaslu Jepara menghadirkan narasumber Edy Sujatmiko (Sekda Jepara) dan Ahmad Musthofa (Ketua KPU Jepara periode 2003 - 2008 dan 2008-2013). Hadir juga akademisi UNISNU Jepara Murniati sekaligus Ketua Yayasan Perempuan Mandiri ( YPMJ) Jepara.

Baca Juga : Verfak Perbaikan, Panwascam Turun Lapangan

Sejalan dengan Sujiantoko, Koordinator Sekretariat Bawaslu Jepara Abdul Ghofur juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momen untuk memperkuat soliditas tim sekretariat dengan pengawas di kecamatan. Dengan memiliki tim yang solid maka kinerja pengawasan dapat dilaksanakan secara baik.

"Ini adalah momen untuk meningkatkan soliditas tim, karena dengan tim yang solid antara sekretariat dengan Panwaslu di kecamatan, maka tugas-tugas yang dilaksanakan di tingkat panwaslu kecamatan akan menjadi lebih baik," tegas Ghofur.

Tag
Berita