Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Konsisten Kawal Daftar Pemilih Berkelanjutan

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara mengikuti Rapat Koordinasi Daftar Berkelanjutan (DPB) Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2021 di aula KPU Jepara, Selasa (27/4/2021). Dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, ia konsisten mengajak stakeholder dan hadirin yang datang dalam rapat tersebut untuk bersama-sama mengawal DPB. Turut hadir dalam rapat DPB jajaran KPU Jepara, Disdukcapil, Kodim, Polres Jepara, Tata Pemerintahan Kabupaten Jepara, perwakilan partai politik dan tamu undangan.

Berdasarkan SE 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 rapat DPB akan dilaksanakan 3 bulan sekali yang sebelumnya dilakukan 1 bulan sekali dalam tingkat kabupaten. Meskipun begitu menurut Sujiantoko, tidak jadi masalah rapat koordinasi DPB dilakukan 3 bulan sekali, karena data sudah banyak didapatkan dari Disdukcapil dan juga temuan-temuan lain, yang ditekankan adalah update data setiap bulannya.

Baca Juga : Menelaah Pemilu Perspektif Agama di Momen Ramadhan

“Tidak ada masalah rapat koordinasi DPB dilakukan 3 bulan sekali, yang terpenting adalah update data setiap bulannya oleh KPU,” Tambah Sujiantoko.

Dalam rapat tersebut Sujiantoko juga memberi usulan agar menambah stakeholder yang diundang oleh KPU dalam rapat koordinasi DPB untuk data perubahan meninggal dunia ataupun perubahan status. Penambahan stakeholder seperti dinas kesehatan terkait data meninggal pasien covid-19 serta Disdikpora terkait dengan data pemilih baru usia 17 tahun siswa-siswi SMA/SLTA, yang bisa didapatkan dengan cara berkerjasama dengan dinas terkait. Hal itu agar pengawalan data bisa dilakukan bersama-sama.

Baca Juga : Dongos Target Desa Mitra Bawaslu Jepara

“Perlu adanya penambahan stakeholder seperti Dinas Kesehatan dan Disdikpora agar pengawalan data bisa dilakukan bersama-sama,” pungkasnya.

Pengawalan DPB ini sangat penting, mengingat indeks kerawanan paling tinggi adalah di data pemilih, sehingga perlu adanya kerja sama untuk mendapatkan data pemilih yang bersih.

(KH/Staf Bawaslu Jepara)

Tag
Berita