Lompat ke isi utama

Berita

Sempat Menyeberang Sungai Saat Pengawasan

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Pemilu Serentak Tahun 2019 memang telah usai namun terdapat memori pengawasan yang tidak dapat dilupakan. Tepatnya saat pengawasan distribusi logistik di Dukuh Rebu Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara. Pasalnya kondisi musim hujan jajaran Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Pakis Aji terutama Pengawas Pemilu Desa melakukan pengawasan dan pendampingan pendistribusian logistik dengan cara menyeberang sungai. Hal itu disampaikan oleh mantan Ketua Panwaslu Pakis Aji M. Zainuddin saat talkshow Bawaslu Menyapa edisi ke-12 kemarin.

“Selain medan sulit saat pendistribusian logistik dengan menyeberang sungai jajaran kami, PPS dan keamanan juga kesulitan melakukan dokumentasi,” kata M. Zainuddin.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Jepara ini mengatakan wilayah Kabupaten Jepara lain juga mempunyai potensi bencana terutama wilayah yang memiliki risiko potensi bencana tinggi maka butuh tenaga dan pemikiran ekstra dalam melakukan pengawasan. Selain itu dalam melakukan strategi pengawasan disesuaikan dengan konteks keadaan. Hal ini lantaran antara konteks hari ini dengan hari besok akan berbeda maka perlu strategi yang berbeda.

“Terpenting semua dapat sinergis dengan baik. Strategi melakukan komunikasi melalui pendekatan personal tokoh daerah dan lain-lain sehingga pengawasan penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan lancar,” tegas Zainuddin.

Ia melanjutkan proses tahapan Pemilu memang terdapat hambatan-hambatan namun bukan sebagai keluhan dalam melakukan pengawasan. Hal ini dapat diantisipasi dengan melakukan pola komunikasi yang baik. Mencari siasat kesulitan-kesulitan menjadi sebuah potensi peluang agar menjadi lebih baik. Dikatakan Panwaslu Kecamatan Pakis Aji sering mengajak Pengawas Desa se-kecamatan Jagong dan memasak bersama momen ini dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi yang lebih harmonis. (Shol/Humas Bawaslu Jepara)

Tag
Berita