Lompat ke isi utama

Berita

Terima Mahasiswa PKL FISIP Unsoed, Bawaslu Jepara : Selamat Belajar!

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Jepara menerima Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto Banyumas, Senin (16/2). Bertempat di ruang media center mahasiswa diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Jepara.

Pada seremonial yang dihadiri oleh anggota sekretariat tersebut, Ketua Bawaslu Jepara menyampaikan selamat datang bagi mahasiswa jurusan ilmu politik ini. Diharapkan peserta PKL dapat beradaptasi serta turut andil dalam program-program yang akan dilaksanakan Bawaslu Jepara.

“Selamat datang dan belajar bagi rekan-rekan mahasiswa silakan menimba ilmu di Bawaslu Jepara, kami akan libatkan mahasiswa dalam beberapa kegiatan kami ke depan,” Kata Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko.

Terdapat juga pengarahan dari Ketua Bawaslu Jepara tentang proses PKL nanti dan menyampaikan beberapa rencana kegiatan Bawaslu yang akan dilaksanakan. Dalam acara itu ditunjuk juga staf sekretariat Divisi Penanganan Pelanggaran Misbakhus Sholihin untuk menjadi koordinator teknis dari Bawaslu. Nantinya sholihin akan mengarahkan secara teknis proses mahasiswa magang di Bawaslu Jepara.

Lebih lanjut Sujiantoko melanjutkan dalam proses PKL di Bawaslu Jepara mahasiswa dapat belajar secara langsung sehingga mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Meski hanya dua orang diharap tak menyurutkan motivasi belajar terkait dengan pengawasan Pemilu maupun Pilkada.

"Silakan mengasah keterampilan dan memperbanyak pengetahuan tentang pengawasan Pemilu," katanya.

Sebelumnya mahasiswa mengirimkan surat permohonan PKL (15/2) yang diterima oleh sekretariat. Perihal surat ini Bawaslu segera melakukan koordinasi lembaga untuk memenuhi permohonan tersebut. Berdasarkan surat Izin magang FISIP Unsoed Nomor 015/UN23.10.8/PK.06/2021 Pelaksanaan magang ini dilaksanakan selama kurang lebih 23 hari, terhitung mulai tanggal (15/02/2021) hingga (10/03/2021).

Koordinator Mahasiswa magang, Avidsha Rozaan Pratama menyatakan terimah kasih atas diterimanya mahasiswa PKL di kantor Bawaslu Kabupaten Jepara. Ia menyampaikan beberapa tujuan PKL di Bawaslu Jepara. Ia mengatakan agar lebih mengetahui ilmu kepemiluan baik Pemilu legislatif maupun pemilihan kepala daerah. Terlebih menurutnya rencana skripsi untuk memenuhi tugas akhir mahasiswa, ia akan memilih yang tema kepemiluan atau pengawasan Pemilu.

‘Tentunya akan lebih baik di Bawaslu Jepara untuk menunjang rencana penelitian saya,” kata mahasiswa semester genap TA 2020/2021.

(Shol/Humas Bawaslu Jepara)
Tag
Berita