Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jepara Awasi Ketat Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara di RSUP dr. Kariadi Semarang (31/8/2024)

Pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara di RSUP dr. Kariadi Semarang (31/8/2024)

Jepara – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jepara terus memantau ketat setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jepara. Salah satu pengawasan yang dilakukan adalah pada proses pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara.

Anggota Bawaslu Jepara, Shohibul Habib, beserta staf sekretariat, secara langsung mengawasi pemeriksaan kesehatan yang berlangsung di RSUP dr. Kariadi Semarang pada tanggal 31 Agustus hingga 1 September 2024. "Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan seluruh rangkaian dan prosedur pemeriksaan kesehatan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, khususnya Peraturan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan" ujar Shohibul Habib.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik, kejiwaan, dan tes bebas narkoba. Pemeriksaan fisik ditujukan untuk memastikan para calon dalam kondisi kesehatan yang prima untuk menjalankan tugas pemerintahan, sedangkan pemeriksaan kejiwaan dilakukan untuk menilai stabilitas psikologis mereka. Sementara itu, tes bebas narkoba bertujuan untuk memastikan para calon tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga: Bawaslu Jepara Awasi Ketat Tahapan Pendaftaran Hingga Hari Terakhir

Shohibul Habib menjelaskan bahwa dalam proses pemeriksaan kesehatan, Bawaslu hanya dapat melakukan pengawasan hingga lokasi pemeriksaan. "Kami tidak bisa masuk ke ruang pemeriksaan karena ada batasan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh RSUP Kariadi," ujarnya.

"Hasil Medical Check Up ini nantinya akan menjadi bagian penting dari persyaratan administrasi pendaftaran," tambah Habib. Dengan kata lain, hasil pemeriksaan kesehatan ini akan menjadi bukti bahwa para calon memenuhi syarat kesehatan yang telah ditetapkan.

Pengawasan terhadap pemeriksaan kesehatan ini sangat penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas Pilkada Jepara. Dengan memastikan semua calon memenuhi syarat kesehatan, maka diharapkan pemimpin yang terpilih nanti benar-benar memiliki kapasitas fisik dan mental yang memadai untuk menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Bawaslu Jepara Luncurkan Peta Kerawanan Pemilihan 2024

Penulis : HN

Foto : Zain

Editor : Humas Bawaslu Jepara