Lompat ke isi utama

Berita

Optimalkan Pencegahan, Bawaslu Bangun Sinergitas dengan Polres

Jepara – Pemilu Tahun 2019 merupakan pemilu serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta Presiden dan Wakil Presiden. Bawaslu terus berkomitmen untuk mengotimalkan fungsi pencegahan terhadap potensi pelanggaran tahapan pemilu sebagai fungsi awal sebelum fungsi penindakan. Hal ini dilakukan Bawaslu Jepara dengan berkoordinasi dan konsolidasi pihak pihak terkait.

Salah satu pihak yang dapat membantu kelancaran fungsi pencegahan ini adalah Polres Jepara sehingga Bawaslu mengadakan komunikasi secara intensif dengan jajaran kepolisian. Hal mengemukan ketika lima komisioner Bawaslu Sujiantoko, Arifin, Abd. Kalim, M. Zarkoni dan Kunjariyanto bersilaturahim ke Kantor Polres Jepara (17/1)

“Bawaslu Jepara akan mengoptimalkan fungsi pencegahan sehingga pelanggaran pemilu dapat diminimalisir” Kata Suji

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai lembaga publik penyelenggara pemilu yang bergerak dipengawasan penyelanggaraan pemilu, sesuai undang-undang No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, bahwa Bawaslu diberikan wewenang untuk melakukan pengawasan terhadap tahapan Pemilu 2019, pencegahan, penindakan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa.

Suji melanjutkan dalam menghadapi pelanggaran pemilu, Bawaslu akan selalu melibatkan jajaran Gakkumdu ( Penegakan Hukum Terpadu) dalam penanganan perkara pidana Pemilu tahun 2019.

Kesempatan ini dimanfaatkan juga sebagai ajang ta’aruf Ka.Polres Jepara yang baru AKBP Arif Budiman S.I.K,M.H menggantikan AKBP Yudianto Adi Nugroho pada tahun ini.

Setelah memperkenalkan diri lembaga masing masing Arif melanjutkan

Agar kedepannya terjalin komunikasi dan sinergitas yang baik antar lembaga sehingga pengawasan lebih optimal

” fungsi pengawasan pemilu agar benar benar dijalankan sesuai ketentuan dan netralitas agar benar benar dijaga” ucap Arif

Ia melanjutkan dalam pembahasan terkait dengan pelanggaran/tindak pidana pemilu agar melibatkan unsur unsur Gakkumdu sehingga tidak terjadi perbedaan pendapat dalam menyimpulkan suatu permasalahan terkait pidana Pemilu

Polres Jepara juga siap membantu Bawaslu Jepara dalam bermedia sosial dengan meng-upload konten-konten atau Meme yang bersifat positif

“Konten konten positif dapat mendidik bermanfaat bagi masyarakat pemilih di Jepara” pungkas Arif

Tag
Berita