Lompat ke isi utama

Berita

Ayo Ikut Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Bawaslu, Jangan Sampai Ketinggalan!

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Kabar gembira bagi masyarakat Jepara terutama usia 20-30 tahun. Pasalnya Bawaslu membuka pendaftaran Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) 2021. Para pemuda dihimbau untuk mengikuti sekolah tersebut.

“Masyarakat Jepara dipersilahkan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta SKKP melalui online dengan link yang disediakan oleh Bawaslu,” kata Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko.

SKPP tahun 2021 adalah kegiatan Bawaslu yang berfokus kepada pendidikan pemilu dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah. Pada tahun 2021 ini, kegiatan SKPP merupakan salah satu kegiatan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Oleh karena itu, bawaslu membentuk pusat pendidikan pengawasan pemilu partisipatif yang berfokus pada edukasi, partisipasi, kaderisasi dan inovasi.

Baca Juga : Segera! Bawaslu Jepara Resmikan Desa Pengawasan Lagi

Sejak kemarin Bawaslu Jepara telah mengumumkan pendaftaran peserta melalui skpp.bawaslu.go.id/registrasi yang dapat diakses pada 24-28 Mei 2021. Dari ini masyarakat dihimbau untuk segara mendaftar. Selain berumur 20-30 tahun pendaftar juga tidak pernah menjadi anggota atau pengurus Partai Politik dan tidak sedang menjadi tim kampanye atau tim sukses pasangan calon tertentu. Untuk syarat selengkapnya dapat diakses melalui link http://103.214.112.185/registrasi/.

Sebelumnya Bawaslu Jepara telah menyelenggarakan SKPP secara Daring pada tahun 2020. Namun pada tahun 2021 ini pembelajaran akan dilaksanakan secara langsung oleh pemateri ahli Kepemiluan dan Bawaslu Provinsi. Selain itu terdapat 3 fase dalam SKPP tahun ini yaitu fase SKPP Dasar, menengah dan lanjutan yang tak ditemui pada SKPP Tahun 2020.

Baca Juga : Turut Buat Bahan Sosialisasi Bawaslu

Berdasarkan time line program Pusat Pendidikan Pengawas Partisipatif Bawaslu, SKPP tingkat dasar akan dilaksanakan pada Mei-September 2021. Sedangkan SKPP tingkat menengah dan lanjut rencana dilaksanakan pada Oktober – November 2021. Sedangkan pada Bulan Desember 2021 adalah Evaluasi. Sujiantoko mengharapkan agar bertambah banyak kader-kader pengawas di Jepara. Hal ini lantaran jika bertambah banyak maka bertambah pula agen-agen Bawaslu yang dapat membantu memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang penting pendidikan pengawasan partisipatif kepada masyarakat.

“Bertambahnya kader dan agen Bawaslu diharapkan terwujud Pemilu yang demokratis, bermartabat dan berintegritas di kabupaten Jepara,” ujar Sujiantoko.

(Shol/Humas Bawaslu Jepara)
Tag
Berita