Lompat ke isi utama

Berita

Bahas Gakkumdu, Bawaslu Kunjungi Kejaksaan

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam rangka menjalin sinergi dalam tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Jepara mengunjungi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jepara pada Kamis (22/9/22).

Kunjungan Bawaslu disambut langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Jepara, Muhammad Ichwan. Hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko, Koordinator Divisi SDM Bawaslu Jepara, Abd. Kalim, Koordinator Divisi penyelesaian sengketa, M. Zarkoni, serta Divisi Hukum Humas Datin, Arifin.

Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko menerangkan, kehadiran ini sebagai langkah Bawaslu Kabupaten Jepara untuk bersinergi dengan stakeholder kepemiluan di Kabupaten Jepara pada masa awal tahapan. Kejari sebagai bagian dari stakeholder menjadi bagian penting dalam pencegahan dan penindakan pelanggaran Pemilu yang tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Baca Juga : Hari Pertama Rekrutmen Panwascam, Masyarakat Antusias Mendaftar

“Sesuai dengan Perbawaslu nomor 31 tahun 2018 tentang Sentra Gakkumdu, serta Surat Bawaslu RI nomor 247/PP.00.00/K1/07/2022 tentang persiapan pembentukan anggota Sentra Gakkumdu, maka Kami (Bawaslu) Bersama dengan kejaksaan dan kepolisian harus selalu bersinergi dalam awal tahapan ini,” kata Sujiantoko.

Lebih lanjut Sujiantoko menerangkan tujuan pembentukan Sentra Gakkumdu ini agar penanganan tindak pidana Pemilu 2024 lebih efektif. Sehingga pemahaman akan peraturan serta informasi terkait tahapan haruslah sama. Sujiantoko juga berharap dapat bekerjasama secara kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu maupun Kejari.

“Kedepan kami akan sering berkomunikasi dengan Kejaksaan, bertukar informasi. Sebab dalam tahapan Pemilu ini sering kali peraturan ini sangat dinamis. Maka perlu antara kami sebagai Lembaga yang menangani terkait hukum harus satu pemahaman. Selain itu kedepan akan ada kegiatan yang melibatkan Kejari, entah sebagai narasumber, rapat koordinasi atau peserta diskusi,” terangnya.

Sementara itu, Kajari Jepara, Muhammad Ichwan menyambut baik kedatangan Bawaslu Jepara. Ia mengatakan Kejari akan mendukung setiap kegiatan Bawaslu Jepara untuk mewujudkan Pemilu yang adil aman dan kondusif.

Baca Juga : Rakor Vermin Perbaikan, Bawaslu Imbau Parpol Taati Peraturan

“Kami akan selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu Jepara. Selama itu positif dan berdampak baik terhadap demokrasi, akan kita dukung,” kata Ichwan.

Ia juga menyambut baik kedatangan Bawaslu kali ini. Ke depan ia mengatakan Kejari akan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu untuk memastikan tiap tahapan berjalan dengan peraturan dan tidak ada pelanggaran.

“Ke depan kami akan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya. Tentu saja kami sama sama berharap Pemilu 2024 di Jepara, dapat berlangsung aman, damai, dan adil,” harap Ichwan.

(Faruq/HumasBawasluJepara)

Tag
Berita