Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jepara ajak Partisipasi Masyarakat

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara ikuti Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2021 Di Aula KPU Jepara, Kamis (25/3/2021). Diwakili oleh Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, Ia mengajak hadirin untuk mendorong masyarakat dalam partisipasi mensukseskan setiap tahapan Pemilu maupun Pilkada. Hadir jajaran KPU Jepara, Disdukcapil, Kodim, Tata Pemerintahan Kabupaten Jepara, perwakilan partai politik dan tamu undangan.

Ia mengatakan suksesi baik dari KPU, Bawaslu dan stakeholder yang berhubungan dengan Pemilu. Dalam hal ini tidak hanya mendorong partisipasi pemilih saja namun mendorong untuk menjadi pemilih yang cerdas, partisipasi pengawasan dan mendorong partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilihan.

“Mari kita dorong masyarakat sukseskan setiap tahapan Pemilu dan Pemilihan,” kata Sujiantoko

Pada momen rapat itu Sujiantoko menawarkan untuk mengajak KPU Jepara untuk terlibat dalam memberikan penyuluhan atau pembinaan di desa binaan Bawaslu Jepara. Hal ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk memeriksa apakah yang bersangkutan sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum. Dorongan itu juga pada pengecekan terhadap daftar pemilih datanya sudah benar atau belum. Dari dorongan tersebut diharapkan masyarakat dapat langsung menyampaikan kepada penyelenggara. Menurutnya saat ini, hal itu dapat dilakukan bersama guna menjaga daftar pemilih di Kabupaten Jepara

Baca Juga : Resmi, Klepu Sebagai Desa Pengawasan Pemilu Bawaslu Jepara

Rapat koordinasi juga menyampaikan draf rekapitulasi DPB kabupaten Bulan Maret 2021, Kamis (25/3). Draf itu mencatat jumlah DPB periode Februari 2021 sejumlah 877.128 terdiri dari laki-laki 437.402 dan perempuan 439.726. Potensi pemilih baru sebanyak 1.110 terdiri laki laki 559 dan perempuan 551. Sedangkan pemilih TMS sebanyak 756 terdiri dari laki laki 415 dan perempuan 341. Dari draf tersebut mencatatkan daftar pemilih berkelanjutan sebanyak 877.482 terdiri dari laki laki 437.546 dan perempuan 439.936. (Shol/Humas Bawaslu Jepara)

Tag
Berita