Lompat ke isi utama

Berita

Bekali Personil dengan Kemampuan Public Speaking

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara selenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM di Jajaran sekretariat, Jumat (25/2). Peningkatan kapasitas terfokus pada "Pelatihan Public Speaking". Pelatihan membekali personil guna mempersiapkan tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai di 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua, anggota, jajaran Sekretariat Bawaslu Jepara. Ikut juga peserta PKL dari SMK N 1 Jepara dan SMK N 1 Pakis Aji acara yang berlangsung di Gedung B Sekretariat Bawaslu Jepara.

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi Kordiv SDM sesuai arahan Baswaslu Jateng yakni peningkatan kapasitas SDM. Pelatihan public speaking sangat dibutuhkan staf sekretariatan. Pelatihan public speaking ini tidak hanya cara berpidato tapi bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dalam konteks membangun jaringan, negosiasi dan diplomasi.

Baca Juga : Koordinasi dengan Kwarcab, Bawaslu Jepara Segera Lahirkan Saka Adhyasta Pemilu

“Public speaking tidak hanya ranah diplomasi tapi menciptakan komunikasi menjadi harmoni,”

Sujiantoko melanjutkan penguatan kapasitas SDM merupakan bagian dari kesiapan Bawaslu Jepara untuk menghadapi tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai di 2022 ini. Karena saat tahapan sekretariat akan berinteraksi dengan peserta pemilu, masyarakat dan stakeholder lain. Dari hal ini Sujiantoko berharap agar personil sekretariat mampu berkomunikasi dengan baik.

Dalam pelatihan ini materi disampaikan oleh Khoirul Muslimin Ka. Prodi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UNISNU Jepara. Ia menyampaikan pentingnya kemapuan dan teknis Public speaking. Dalam paparannya ia juga menyampaikan struktur di dalamnya yakni opening, konten dan closing. Di samping itu ia menyampaikan berbagai tips-tips yang musti dilakukan oleh Public Speaker. Ia menganggap bahwa kemampuan Public speaking tidak serta merta muncul dalam diri seseorang. Namun hal itu karena faktor latihan, pengalaman dan pengetahuan

Baca Juga : Bentuk SAKA, Bawaslu Koordinasikan dengan Kwarcab Jepara

“Kemampuan public speaking tidak dilahirkan, tetapi diciptakan melalui latihan,” Muslimin panggilan akrabnya.

Sementara itu Kordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jepara Abd. Kalim menyampaikan kegiatan hari ini sudah Bawaslu Jepara rencanakan di 2022. Menurutnya kemampuan Public Speaking sangat penting, karena lembaga publik yang berhubungan langsung dengan masyarakat, baik ormas maupun peserta pemilu. Karenanya sebelum tahapan dimulai keterampilan ini perlu diasah.

“Harapannya kawan kawan sekretariat mampu berkomunikasi dengan baik dan dapat dipraktikkan,” ungkap Kalim.

(MS/StafPPawasluJepara)
Tag
Berita