Lompat ke isi utama

Berita

Pemda Punya Peran Suksesi Pemilu, Ini Kata Sekda Jepara

Jepara.bawaslu.go.id - Pemilu wajib berjalan dengan baik. Tentunya ini menjadi tugas pemerintah daerah dibantu oleh semua pihak. Pemerintah daerah juga wajib memberikan bantuan fasilitasi sesuai dengan peraturan perundang undangan. Hal ini dikatakan oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko kepada dalam Rapat Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 Bawaslu Jepara, Senin (12/22).

Edy mengatakan bantuan dan fasilitasi tersebut dapat berupa pelaksanaan sosialisasi terhadap peraturan perundang undangan Pemilu. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Ketua, anggota dan Kepala Sekretariat Bawaslu Jepara serta Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Jepara itu Ketua, anggota dan Sekretariat Bawaslu Jepara juga berperan untuk pemantau kelancaran penyelenggaraan pemilu.

"Pemerintah daerah mempunyai peran fasilitasi terhadap suksesi Pemilu dan Pilkada," kata Edy panggilannya.

Baca Juga : Verfak Perbaikan, Panwascam Turun Lapangan

Sekda menambahkan peran Pemda juga memberikan fasilitasi bagi penyelenggara pemilu seperti mempersiapkan dana guna pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024. Berdasarkan UU. 10 tahun 2016 pasal 166 pendanaan kegiatan pemilihan kepala daerah dibebankan pada APBD dapat di didukung sesuai ketentuan peraturan perundangan.

Menurut Edy Bawaslu juga dapat mengingatkan terhadap masyarakat. Pemilihan diharapkan diawasi jika ada yang salah diluruskan. Hal ini penting karena pemilu dan Pilkada harus berjalan sesuai dengan peraturan perundangan dan meminimalisasi politik uang.

Jika pengawasan berjalan dengan baik maka pelaksanaan Pemilu dan Pilkada berjalan dengan baik. Jika pemilu berjalan dengan baik akan memunculkan pemimpin yang baik akhirnya dengan program pemimpin yang baik muaranya adalah kesejahteraan rakyat.

Kegiatan yang dilaksanakan di d'Season Bandengan itu, Edy memberikan saran agar masyarakat diberikan pemahaman tentang norma ideal dan rasional tapi juga pendekatan religius. Karena masyarakat Jepara adalah masyarakat religius. Edy melanjutkan pemerintah berharap rakyat sejahtera. Demokrasi berupa Pemilu adalah sarana untuk kesejahteraan.

Baca Juga : Kunjungi Bawaslu Jepara, Ini Pesan Lolly Suhenty

"Pemimpin yang amanah untuk kesejahteraan masyarakat Jepara. Pengawas pemilu bagian dari sarana agar pemilu berjalan dengan baik," pungkas Edy.

Sementara itu Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengucapkan terimah kasih pada pemerintah daerah dalam memberikan fasilitasi kantor kepada Panwaslu Kecamatan. Fasilitasi ini bermanfaat bagi kinerja Pengawas dalam pengawas di setiap tahapan.

"Terimah kasih atas fasilitasi sekretariat dan kantor yang diberikan oleh Pemda Jepara untuk suksesi Pemilu," kata Sujiantoko.

(Humas Bawaslu Jepara)
Tag
Berita