Lompat ke isi utama

Berita

Penting! Kaum Milenial menjadi Promotor Pengawasan Partisipatif

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Bawaslu diharapkan menjadi kader promotor pengawasan partisipatif di daerahnya masing-masing dalam gelaran Pilkada maupun Pemilu di masa yang akan datang. Hal ini disampaikan oleh Muhammad Rendi dalam sesi Podcast Bawaslu Jepara yang disiarkan langsung Selasa (14/7). Pernyataan ini disampaikan setelah ia mendapatkan pembelajaran SKPP Daring Bawaslu Tahun 2020 yang membuka pemikiran akan pentingnya pengawasan partisipatif. Bertempat ruang media center sekretariat Bawaslu Jepara kegiatan ini mengambil tema “Mendorong Partisipasi Pengawasan Pemilu/Pilkada oleh Kaum Milenial”.

“Penting partisipasi terhadap proses demokrasi untuk kaum milenial,” kata Rendi.

Ia juga menyampaikan bahwa kaum milenial harus melek aturan terkait dengan pengawasan Pemilu sehingga mendorong terwujudnya Pemilu/Pilkada yang akan datang dan terlaksana dengan baik. Maka menurutnya penting kaum milenial untuk mengikuti program SKPP dari Bawaslu di masa yang akan datang. Karena di dalam pembelajaran peserta akan diajari bagaimana menjadi pengawas partisipatif yang baik.

Sementara itu hadir juga Wahyu Aida Nahar perwakilan alumni SKPP Bawaslu Tahun 2020 yang turut memberikan sumbangsih pemikiran dalam acara live di beberapa akun Bawaslu Jepara tersebut. Menurutnya masyarakat perlu terlibat aktif dalam kegiatan pengawasan Pemilu/Pilkada karena jika tidak ada pengawasan rentan terjadi kecurangan. Maka dari itu aktifis PMII di IAIN Purwokerto ini mengatakan, sebaiknya kaum milenial ikut berperan aktif dalam kegiatan kepengawasan.

“Pemuda merupakan penerus bangsa sedangkan terwujudnya Pemilu yang jujur, adil dan transparan merupakan tanggungjawab bersama,” kata Aida.

Ia menambahkan suksesnya jalannya proses pemilihan pemimpin itu nanti akan berimbas pada masyarakat itu sendiri. Ia berharap pada alumni SKPP dapat berperan dalam mengawasi jalannya proses demokrasi bahkan dengan ilmu yang didapat dari pembelajaran dapat menjadi bekal untuk mensosialisasikan dan turut memberikan laporan kepada Bawaslu jika didapati dugaan pelanggaran.

Terdapat banyak materi kepengawasan yang bermanfaat dalam pembelajaran SKPP ini yang melibatkan kaum milenial yang banyak. Pada tahun 2020 ini Bawaslu Jepara telah memiliki alumni SKPP sebanyak 76 kaum milenial dari 85 orang yang terdaftar. Sebanyak 76 alumni ini pada akhir Juni 2020 telah dinyatakan lulus pada sesi ujian akhir.

(Shol/HumasBawasluJepara)
Tag
Berita