Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Kerjasama dan Peningkatan Kapasitas SDM

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara memandang penting kerjasama dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi kemajuan organisasi. Pernyataan itu disampaikan Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jepara Abd. Kalim pada kegiatan Pembinaan Dan Penandatanganan Kontrak Kerja 2021 Staf Teknis Dan Pendukung Sekretariat Bawaslu Jepara, Kamis (14/1).

Ia mengatakan dalam lembaga tidak terlepas dari kerjasama. Salah satu kunci dari baiknya kerjasama di antaranya adalah komunikasi terbuka. Paham ini harus diimplementasikan para staf sekretariat Bawaslu Jepara yakni komunikasi yang baik antar staf dengan staf dan staf dengan jajaran pimpinan.

Ia memaparkan terdapat tiga indikator yang dapat mempengaruhi kapasitas sumber daya manusia (SDM) yakni, pendidikan, pelatihan dan pengalaman. Bagi pegawai Bawaslu Jepara, melalui proses tersebut harus terus meningkatkan kapasitas SDM terutama selalu update soal aturan-aturan yang akan terus berubah. Untuk itu, apabila terdapat perubahan peraturan yang menyangkut bidang teknis setiap pegawai harus mengetahui.

"Wajib, selalu meningkatkan SDM terutama staf yang melekat ke komisioner. Karena staf yang melekat tersebut ibarat staf ahli yang membantu kinerja komisioner maka SDM harus ditingkatkan seperti penguasaan regulasi yang berubah secara dinamis," kata Kalim.

Baca Juga: Pentingnya Pembinaan Guna Peningkatan Kinerja

Dalam hal membantu komisioner maka staf perlu mengetahui tupoksi dan tugas masing-masing divisi. Maka pada giat yang dihadiri seluruh jajaran Bawaslu Jepara itu agar staf mempelajari kembali Perbawaslu No. 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilihan Umum.

Selain itu menurutnya ke depan Bawaslu akan secara rutin mengadakan diskusi soal kepemiluan guna meningkatkan pengetahuan. Di sisi lain penguatan kepemiluan ini sangat penting jika Pilkada dilaksanakan tahun 2022. Hal ini Bawaslu akan mempersiapkan diri lebih dini soal kapasitas SDM, sehingga saat dimulai tahapan lembaga siap menghadapi tahapan tersebut.

Selanjutnya pada acara yang digelar di ruang pojok pengawasan itu, Komisioner Bawaslu Jepara Sujiantoko mengharapkan agar staf memiliki kemampuan beragam atau multitalent. Memang disadari setiap orang memiliki spesialisasi kemampuan khusus, dalam hal ini staf setidaknya bisa dalam bidang tertentu.

"Staf harus multitalent seperti bisa teknik moderasi, menulis dan menjadi pembawa acara. Hal ini akan bermanfaat bagi lembaga dan dapat diaplikasikan dalam bersosial masyarakat," kata Sujiantoko.

Baca Juga: Alumni SKPP Ingin Turut Andil dalam Pendidikan dan Pengawasan

Ketua Bawaslu Jepara itu melanjutkan bahwa setiap manusia harus punya prinsip hari ini harus lebih baik dari hari yang sebelumnya. Berperilaku yang lebih baik dari pada yang sebelumnya dalam konteks ini, terkait dengan moralitas, disiplin dan loyalitas. Loyalitas dalam mengembangkan lembaga agar lebih baik dari pada yang sebelumnya.

"Kita harus menjunjung tinggi nama lembaga dan meningkatkan pembangunan nama lembaga Bawaslu," pungkas Sujiantoko.

(Shol/Humas Bawaslu Jepara)
Tag
Berita