Lompat ke isi utama

Berita

Puluhan Mahasiswa Mendatangi Kantor Bawaslu Kabupaten Jepara

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara kedatangan puluhan mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara yang melakukan kunjungan kelembagaan atau outing class (28/05/2021). Kunjungan dari mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi tersebut dalam rangka memberikan pemahaman yang komprehenship dalam proses pembelajaran, dan menguatkan teori mata kuliah komunikasi politik.

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB yang dibuka oleh Dosen pembimbing dari fakultas dakwah komunikasi Khoirul Muslimin, outing class merupakan program perkuliahan yang telah disusun dalam bentuk rancangan pembelajaran semester (RPS) yang dalam pertemuan ke 7 dilakukan kunjungan kelembagaan.

“Jadi ini memang program kuliah yang telah dirancang khusus oleh fakultas kami sebagai implementasi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan,” papar Khoirul Muslimin.

Baca Juga : Merajut Desa Pengawasan di Kampung Sembada Ukir Jepara

Setelah itu dilanjutkan perkenalan kelembagaan oleh Bawaslu Kabupaten Jepara sebagai tuan rumah outing class. Barulah sesi materi diberikan oleh Bawaslu Kabupaten Jepara sebagai puncak dari kunjungan kelembagaan yang dilakukan oleh mahasiswa Unisnu Jepara.

Materi diberikan seputar kelembagaan, program kerja juga tugas dan fungsi Bawaslu Kabupaten Jepara, Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengatakan, saat ini Bawaslu Jepara telah banyak melaksanakan program kerja, diantaranya peresmian desa mitra sebagai bentuk pencegahan adanya pelanggaran pemilu seperti hoaks, politik uang dan juga isu sara.

“Banyak sekali program yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu kabupaten Jepara, diantaranya peresmian 9 desa mitra, yang nantinya akan ditambah lagi menjadi 14 desa mitra,” jelas Sujiantoko.

Baca Juga : Ayo Ikut Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Bawaslu, Jangan Sampai Ketinggalan!

Selain desa mitra Bawaslu juga sedang mengadakan perekrutan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang nantinya akan dilaksanakan pada periode Juni-Oktober 2021, harapannya para pemuda termasuk mahasiswa yang sudah memenuhi syarat dapat ikut berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan tersebut.

“Perekrutan (SKPP) akan berakhir dihari ini Jumat 28 Mei 2021, harapannya para pemuda juga mahasiswa ikut berpartisipasi mengikuti SKPP sehingga nantinya dapat aktif dalam pengawasan partisipatif pemilu, karena sejatinya mengawasi pemilu bukan hanya tugas Bawaslu namun juga Tugas setiap Individu,” tandas Sujiantoko.

(KH-Staf Bawaslu Jepara).

Tag
Berita