Lompat ke isi utama

Berita

Sepakat! Bawaslu Jepara - Pemdes Pendem Kembang Segera Teken Kerjasama

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara dan Pemerintah Desa Pendem Kembang sepakat akan kerjasama dalam mewujudkan Pemilu yang jujur, adil dan berintegritas. Kerjasama ini diimplementasikan dalam membentuk program Desa Anti Politik Uang di Desa Pendem. Hal ini terungkap saat Bawaslu dan Pemdes melakukan koordinasi di Balai Desa Pendem, Kamis, (11/11).

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengatakan bahwa Bawaslu akan memberikan pembinaan dan pendidikan pengawasan partisipatif Pemilu kepada masyarakat. Bawaslu juga akan melakukan pendampingan terhadap kelompok sasaran, sementara desa mendukung dalam mensukseskan sosialisasi pengawasan Pemilu.

Baca Juga : Peresmian Desa Binaan, Petinggi Kalianyar: Kami Apresiasi Ikhtiar Bawaslu Tingkatkan Kualitas Demokrasi

“November 2021 ini Bawaslu Jepara akan meresmikan Desa Anti Politik Uang di Desa Pendem,” kata Sujiantoko.

Sujiantoko menambahkan menjadi desa mitra Bawaslu sebagai desa anti politik uang merupakan bentuk ikhtiar bersama dalam meminimalisasi potensi praktik politik uang yang sering terjadi. Menurutnya dengan pendampingan langsung kepada masyarakat Bawaslu Jepara optimis masalah tersebut dapat ditangani. Ia berharap dengan pendampingan kelak saat tahapan Pemilu atau pun Pilkada masyarakat mau menjadi pengawas partisipatif yang aktif.

“Dengan terbentuknya desa anti politik uang ini, Bawaslu Jepara optimis dapat meminimalisasi politik uang,” ungkapnya.

Sementara itu Petinggi Desa Pendem Nur Ismail menyambut baik dan terbuka dengan datangnya Bawaslu Jepara dalam membangun kerjasama pengawasan partisipatif di desanya. Ia siap untuk melakukan kerjasama dengan Bawaslu Jepara sebagai langkah mencegah dan meminimalisasi potensi praktik politik uang saat Pemilu maupun Pilkada. Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Carik Pendem itu, ia siap membantu mensukseskan program Bawaslu tersebut.

Baca Juga : Beri Pengarahan – Mahasiswa UNISNU Ingin Bentuk Bawaslu Mahasiswa

Sejalan dengan Petinggi Carik Pendem Ali Ahwan juga mengaku siap kerjasama dengan Bawaslu Jepara. Ia mengapresiasi optimisme Bawaslu dalam meminimalisasi politik uang. Menurutnya kehadiran Bawaslu Jepara dengan optimisme yang dibawa, kedepan ia berharap semoga ikhtiar yang dibangun ini berjalan dengan maksimal.

“Optimisme ini sebagai salah satu ikhtiar kita bersama dalam menangani terjadinya politik uang, “ kata Ali Ahwan.

(MS/StafPPBawasluJepara)
Tag
Berita