Lompat ke isi utama

Berita

Terima PKL SMK N 1 Jepara, Usahakan Siswa-Siswi Dapat Daging

Jepara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Jepara berusaha memberikan layanan dan pengetahuan terbaik kepada siswa-siswi yang melakukan pembelajaran di lembaga pengawas. Hal ini dikatakan oleh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Abd. Kalim saat menerima siswa-siswi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Jepara, Rabu (02/02).

Kalim menyampaikan Bawaslu akan memaksimalkan pengetahuan tentang pengawasan Pemilu maupun Pilkada yang diberikan kepada siswa-siswi. Mereka telah mendapatkan ilmu dari sekolah terutama terkait dengan jurusan. Hal ini dapat langsung diaplikasikan di Bawaslu Jepara terutama terkait dengan multimedia, jaringan dan komputerisasi.

“Kami berusaha agar siswa-siswi menerima daging dalam arti memberikan pengetahuan yang bagus,” kata Abd. Kalim.

Baca Juga : Bawaslu Jepara – KPU Jepara, Bersama Membangun Sinergitas

Kalim menambahkan Bawaslu akan menyingkronkan jurusan yang dipelajari siswa dengan hal-hal teknis terkait dengan tahapan. Namun begitu agar dipahami dalam lembaga publik terdapat aturan informasi publik yang terbuka bagi umum namun terdapat juga informasi yang dikecualikan. Hal ini harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Sejalan dengan hal tersebut Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko dalam sambutannya mengatakan multimedia dan jaringan sangat dibutuhkan Bawaslu dalam menjalan tugas. Bawaslu Jepara mempunyai beberapa program yang terkait dengan ilmu tersebut. Program itu seperti program Podcast Bawaslu Menyapa, Diskusi Wacana Pemilu, Klinik Hukum, Jurnal Bawaslu yang berbentuk video atau live streaming.

“Multimedia dan jaringan dibutuhkan terutama untuk program-program Bawaslu Jepara,” kata Sujiantoko.

Hani Hutri Anggraeni sebagai guru pendamping juga memberikan sambutan pada acara yang terselenggara di Gedung B sekretariat itu. Ia menyampaikan bahwa Bawaslu memiliki banyak program yang berhubungan dengan komputer dan jaringan berbasis media sosial.

Baca Juga : Dokumentasikan Sejarah, Bawaslu Rancang Buku Terbaru di 2022

Harapannya siswa-siswi yang PKL di Bawaslu Jepara dapat menimbah pengalaman langsung di lembaga publik maupun di masyarakat. Siswa mengetahui bagaimana cara berkomunikasi di dunia kerja dan melakukan andil dalam menyampaikan informasi ke publik melalui media Bawaslu Jepara.

“Semoga banyak pengalaman yang didapatkan dan andil dalam kegiatan Bawaslu Jepara terkait dengan media,” kata guru Desain Grafis dan Administrasi Sistem Jaringan itu.

SMK Negeri 1 Jepara merupakan lembaga yang ke sekian kalinya belajar di Bawaslu Jepara. Sebelumnya terdapat mahasiswa dari Universitas Jendral Sudirman Purwokerto dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Selain itu mahasiswa-mahasiswi dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara juga belajar di Bawaslu Jepara.

(MS/Staf PP Bawaslu Jepara)
Tag
Berita