Lompat ke isi utama

Berita

Panwascam Jepara Gelar Sosialisasi di Car Free Day

JEPARA - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) kecamatan Jepara menggelar sosialisasi partisipatif pengawasan di alun alun Jepara 2, Minggu (17/02).

Sosialisasi tersebut dihadiri Panwascam Jepara beserta Panitia Pengawas Desa (PPD) se Kecamatan Jepara. Dalam kesempatan itu, Panwascam Jepara sampaikan tolak politik uang, hoax dan politik sara kepada masyarakat.

"Sebagai masyarakat yang cerdas dan bermartabat jangan mau hak kita bersuara dibeli dengan uang yang tak seberapa. Kita harus berani tolak dan berani laporkan, karena itu adalah bentuk pelanggaran pemilu" ucap ketua Pamwascam Jepara, Solekan, di sela sela keramaian.

Kegiatan tersebut digelar pada pukul 06:00 - 08:00. Solekan menilai, acara Car free day sangat efektif untuk menyampaikan pesan mengenai pengawasan partisipatif, sebab acara tersebut dihadiri masyarakat dari berbagai usia.

"Ini sebagai wujud ajakan kami kepada masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi tiap tahapan pemilu agar tidak ada pelanggaran. Kami memilih momen ini karena kebetulan kecamatan Jepara berada di daerah kota yang ramai. Dari pemilih pemula sampai orang dari kota lain ada disini, sehingga sangat efektif untuk sampaikan informasi" kata Solekan.

Solekan berharap masyarakat bisa ikut serta berpartisasi aktif mendukung gerakan tolak politik uang pada penyelenggaraan pemilu 2019. Sambil berkeliling alun alun, Panwascam Jepara memberikan beberapa pertanyaan terkait pemilu 2019 kepada masyarakat yang sedang berolah raga pagi.

"Respon masyarakat baik, mereka sangat berantusias bertanya dan ikut berfoto dibelakang banner bertuliskan tolak politik uang yang kami bawa. Setelah kami tanyai beberapa sudah paham kalau politik uang itu bisa dihukum. Kami harap setelah ini masyarakat mulai berani melapor bila ada temuan" ungkapnya.

Tag
Berita