Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasi Pengawasan di CFD, Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pemilu

JEPARA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara menggelar sosialisasi pengawasana partisipatif saat Car Free Day (CFD) di alun alun Jepara 1 dan 2, minggu (18/3).

Kegiatan tersebut digelar pada pukul 06:00 - 08:00, acara diawali dengan senam pagi di alun alun 1 Jepara, lalu dilanjutkan panggung gembira yang berlokasi di alun alun 2 Jepara. Sambil membagi bagikan poster berisi tolak hoax, politik uang, dan isu sara, Bawaslu ajak masyarakat ikut awasi pemilu.

Sujiantoko menilai, acara Car free day sangat efektif untuk menyampaikan pesan mengenai pengawasan partisipatif, sebab acara tersebut dihadiri masyarakat dari berbagai usia.

"Ini sebagai wujud ajakan kami kepada masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi tiap tahapan pemilu agar tidak ada pelanggaran. Kami memilih momen ini karena saat CFD, mulai dari pemilih pemula sampai pemilih dari kota lain ada disini, sehingga sangat efektif untuk sampaikan informasi" kata Sujiantoko.

Sujiantoko mengatakan, pihaknya terus mendorong upaya pengawasan partisipatif yang melibatkan masyarakat. Menurut Undang undang masyarakat diberikan wewenang untuk ikut mengawasi pemilu.

 “Kami ajak masyarakat ikut serta mengawasi jalannya pemilu 2019. Harapannya kita bisa bersama sama menciptakan pemilu yang berkualitas, bermartabat dan berintegritas. Kalau dilakukan bersama sama, tentu lebih optimal” terangnya.

Selain untuk mengajak masyarakat ikut mengawasi, sosialisasi ini ditujukan untuk mengajak masyarakat agar tidak ikut menyebarkan berita hoax, isu sara, dan politik uang. Sujiantoko menilai Pemilu ini sangat penting, karena merupakan wujud dari kedaulatan rakyat. untuk itu pemilu harus bersih dari tiga hal tadi.

“Bawaslu mengajak segenap masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas, tidak terhasut berita bohong, sentiment agama. Walau berbeda pilihan tetap rukun. Selanjutnya tak henti hentinya kami selalu ingatkan masyarakat untuk  menolak segala macam bentuk politik uang.” Paparnya

Acara tersebut dihadiri segenap jajaran komisioner Bawaslu Jepara, ketua KPU Jepara, Kasdim Jepara, Wakapolres Jepara, dan jajaran Panwascam. Bawaslu Jepara juga berekerja sama dengan Disdukcapil untuk melakukan perekaman KTP Elektronik.

Sementara itu ketua KPU Jepara, Subchan Zuhri mengatakan pihaknya akan terus mendorong agar pelaksanaan pemilu serentak berjalan sukses, aman dan lancar. Subchan mengakui kerjasama dengan Bawaslu dan peran aktif masyarakat sangat diharapkan, agar pemilu 2019 dapat berlangsungs secara demokratis.

Tag
Berita